Detail Publikasi Berita

SMA N 1 TILATANG KAMANG

0 komentar
SMA NEGERI 1 TILATANG KAMANG GELAR IHT DENGAN TEMA SEMANGAT INOVASI TINGKATKAN KOMPETENSI GURU
blog
Keterangan & diskripsi gambar

SMA N 1 Tilatang Kamang menggelar kegiatan IHT pada senin, dan selasa (21/22/23). Kegiatan mengangkta tema semangat inovasi kita tingkatkan kompotensi guru.

Kegiatan IHT di pandu oleh Ibu Syafria, S.Pd., Gr. Kepala SMA Negeri 1 Tilatang Kamang, Bapak Drs. Zulfikar, M.Pd., dalam sambutannya menyampaikan pentingnya IHT untuk peningkatan inovasi kompetensi guru. 

Kegiatan kini juga dibuka oleh pengawas satuan pendidikan, Bapak Drs. Honggo Sukata, M.Pd. Pengawas juga menyampaikan perlunya guru meningkatkan empat komptensi dasar seorang guru/pendidik yaitu :

  1. Kompetensi Kepribadian

Kompetensi guru yang pertama adalah kompetensi kepribadian. Kompetensi kepribadian adalah kemampuan personal yang dapat mencerminkan kepribadian seseorang yang dewasa, arif dan berwibawa, mantap, stabil, berakhlak mulia, serta dapat menjadi teladan yang baik bagi peserta didik.

  1. Kompetensi Pedagogik

Kompetensi pedagogik yaitu kemampuan seorang guru dalam memahami peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, pengembangan peserta didik, dan evaluasi hasil belajar peserta didik untuk mengaktualisasi potensi yang mereka miliki.

  1. Kompetensi Sosial

Kompetensi guru selanjutnya adalah kompetensi sosial. Kompetensi sosial yaitu kemampuan yang dimiliki oleh seorang guru untuk berkomunikasi dan bergaul dengan tenaga kependidikan, peserta didik, orang tua peserta didik, dan masyarakat di sekitar sekolah.

  1. Kompetensi Profesional

Kompetensi guru yang terakhir adalah kompetensi profesional. Kompetensi profesional yaitu penguasaan terhadap materi pembelajaran dengan lebih luas dan mendalam. Mencakup penguasaan terhadap materi kurikulum mata pelajaran dan substansi ilmu yang menaungi materi pembelajaran dan menguasai struktur serta metodologi keilmuannya.

Selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan paparan materi oleh Ibu Dra. Netri. Beliau merupakan Wakil Kurikulum yang telah sering memberikan beberapa pelatihan bagi sekolah-sekolah pengimbasan SMAN 1 Tilatang Kamang maupun menjadi narasumber mandiri bagi sekolah-sekolah lainnya di Sumatera Barat. Ibu Dra. Netri memberikan paparan materi mengenai modul ajar, KKTP, ATP, CP, dan elemen bagi kurikulum merdeka.

 


Berita lain terkait #Kegiatan